Tugas Softskill DIALOG

1.        Dialog menurut saya adalah adalah percakapan atau interaksi antara dua kelompok atau lebih. Sedangkan dialog dalam konteks perencanaan user interface adalah struktur dari percakapan antara user dan sistem komputer.

2.       Command language selalu diinisialisasi oleh pemakai. Pemakaimengetikkan command (perintah) tanpa prompt ataupun helpdari sistem. Contoh yang paling sering dijumpai dari commandlanguage adalah bahasa dari sistem operasi, misalnya:

w. DOS: dir, copy, del

x. UNIX: ls, cp, rm

y. vi (UNIX visual editor): ^F, ^B, w, q



Command language tidak memberikan petunjuk sedikitpun padapemakainya.

Sebaliknya, pemakai diharapkan untuk sudahmengetahui (atau mempelajari) command tersebut.

Secara implisit, berarti pemilihan nama command sangat pentingkarena pemakai harus mengingatnya.


Contoh:

C:\> Help!!! Bad command or file name

C:\> I don’t know how to communicate with this thing! Bad command or file name

C:\> This interface needs OBEDIENCE SCHOOL!! Bad command or file name

C:\> ARRGH !! I give up. Bad command or file name

C:\>


Command language memiliki tiga jenis (style) penulisan:z. positional syntax (dipakai oleh DOS dan CP/M) contohnya: COPYfile1 file2a. keyword syntax (mengidentifikasi keyword, lalu parameternya)contohnya: COPY FROM file1 TO file2 COPY TO file2 FROM file1b. mixed syntax (kombinasi positional dan keyword) contohnya: cc-o outfile cfile.c





WIMP.


WIMP adalah ragam interaksi yang berbasis pada :

Window Adalah area pada layar yang mempunyai sifat seperti terminal yang independent. dapat terdiri dari teks atau grafis. Dapat saling overlap dan menutupi yang lain, atau tersusun seperti keramik lantai. Fasilitas scrollbarsmemungkinkan pengguna untuk menggerakkan isi window ke atas-bawah atau menyampin dengan title bars yang menunjukkan nama window. Window dapat ditutup menjadi semacam representasi kecil, sehingga dapat memuat/mengaktifkan banyak window.
Icon Icon Berupa lukisan atau gambar berukuran kecil mewakili suatu obyek dalam antarmuka, dapat suatu window atau tindakan. Icon dapat bervariasi, mulai dari simbol yang abstrak sampai gambaran realitas
Menu Menu berupa pilihan operasi atau fungsi yang disediakan pada layar. Pemilihan pada menu dilakukan dengan menggunakan pointer. Kelemahan: menu dapat memakan ruang layar. Solusi: menu hanya muncul saat dibutuhkan.
Pointer / Pull Up (Down) Pointer Merupakan komponen penting. Ragam WIMP bertumpu pada proses penunjukkan dan pemilihan sesuatu yang biasanya dilakukan dengan menggunakan mouse atau dapat juga menggunakan joystick, trackball, atau tombol panah pada keyboard.
Komponen tambahan Beberapa komponen tambahan dalam model WIMP, diantaranya Button (tombol):
radio button : kumpulan pilihan yang harus memilih salah satu, tak boleh lebih dari 1
check box : kumpulan dari pilihan-pilihan yang boleh memilih 1/lebih dari 1




Manipulasi Langsung

 Representasi visual (metafora) dari “dunia aksi”:
Objek dan aksi terlihat.
Mengundang pemikiran analogis.
Aksi yang cepat, inkremental, dan dapat dibatalkan.
Mengetik diganti dengan menunjuk dan memilih.
Hasil aksi langsung terlihat.
Kelebihan :
Kompatibilitas kendali dan tampilan.
Lebih sedikit sintaks, karena itu tingkat kesalahan berkurang.
Lebih banyak pencegahan kesalahan.
Lebih cepat dipelajari dan lebih mudah diingat.
Mendorong penjelajahan.
Kekurangan :
Memakan lebih banyak sumber daya sistem.
Beberapa aksi menyusahkan.
Teknik makro sering lemah.
Sulit dicatat dan ditelusuri.
Sulit digunakan oleh pemakai yang pengelihatannya terganggu.
Contoh system manipulasi langsung :
Command-line vs display editor vs word processors
Spreadsheet
Spatial data management
Video games
Computer-aided design (CAD)
Office automation






PDA
Personal Digital Assistant disingkat PDA adalah sebuah alat elektronik yang berbasis komputer dan berbentuk kecil serta dapat dibawa ke mana-mana. PDA banyak digunakan sebagai pengorganisir pribadi pada awalnya, tetapi karena perkembangannya, kemudian bertambah banyak fungsi kegunaannya, seperti kalkulator, penunjuk jam dan waktu, permainan komputer, pengakses internet, penerima dan pengirim surat elektronik (e-mail), penerima radio, perekam video, dan pencatat memo. Selain itu, dengan PDA (komputer saku) ini, kita dapat menggunakan buku alamat dan menyimpan alamat, membaca buku-e, menggunakan GPS dan masih banyak lagi fungsi yang lain. Bahkan versi PDA yang lebih canggih dapat digunakan sebagai telepon genggam, akses internet, intranet, atau extranet lewat Wi-Fi atau jaringan wireless. Salah satu ciri khas PDA yang paling utama adalah fasilitas layar sentuh.






3.   User Interface

 
1. Aplikasi apa yang biasa digunakan oleh programmer untuk membuat program.
2. Kombinasi dari objek-objek interface dan perilaku manajemen. Sekarang sudah object-oriented.
3. Pustaka dari komponen-komponen perangkat lunak dan routines yang digunakan oleh programmer: - Xwindows :
Xtoolkit & Motif
Macintosh : Mac Toolbox, MacApp
Windows : Windows Developer’s Toolkit
Java : Swing
Bagaimana cara kerja toolkit? Apa yang sebenarnya disediakan olehnya? Bagaimana mengaturnya?
- User mengadakan aksi, berinteraksi dengan interface.
- Aksi-aksi tersebut harus disampaikan kepada aplikasi dalam cara-cara yang penuh arti.
- Aplikasi melakukan aksi yang sesuai, mungkin memperbaharui tampilan.
 
User Interface adalah kumpulan objek yang saling berinteraksi. User secara langsung memanipulasi objek-objek tersebut. Objek-objek bertanggung jawab untuk mentransmisikan aksi-aksi user ke aplikasi dengan cara yang berguna.
.


                 http://agungprabowo007.wordpress.com

Komentar

Postingan Populer