Tugas Softskill DIALOG
1. Dialog menurut saya adalah adalah percakapan
atau interaksi antara dua kelompok atau lebih. Sedangkan dialog dalam konteks
perencanaan user interface adalah struktur dari percakapan antara user dan
sistem komputer.
2. Command language selalu diinisialisasi oleh
pemakai. Pemakaimengetikkan command (perintah) tanpa prompt ataupun helpdari
sistem. Contoh yang paling sering dijumpai dari commandlanguage adalah bahasa
dari sistem operasi, misalnya:
w. DOS: dir, copy, del
x. UNIX: ls, cp, rm
y. vi (UNIX visual editor): ^F, ^B, w, q
Command language tidak memberikan petunjuk sedikitpun
padapemakainya.
Sebaliknya, pemakai diharapkan untuk sudahmengetahui (atau
mempelajari) command tersebut.
Secara implisit, berarti pemilihan nama command sangat
pentingkarena pemakai harus mengingatnya.
Contoh:
C:\> Help!!! Bad command or file name
C:\> I don’t know how to communicate with this thing! Bad
command or file name
C:\> This interface needs OBEDIENCE SCHOOL!! Bad command
or file name
C:\> ARRGH !! I give up. Bad command or file name
C:\>
Command language memiliki tiga jenis (style) penulisan:z.
positional syntax (dipakai oleh DOS dan CP/M) contohnya: COPYfile1 file2a.
keyword syntax (mengidentifikasi keyword, lalu parameternya)contohnya: COPY
FROM file1 TO file2 COPY TO file2 FROM file1b. mixed syntax (kombinasi
positional dan keyword) contohnya: cc-o outfile cfile.c
WIMP.
WIMP adalah ragam interaksi yang berbasis pada :
Window Adalah area pada layar yang mempunyai sifat seperti
terminal yang independent. dapat terdiri dari teks atau grafis. Dapat saling
overlap dan menutupi yang lain, atau tersusun seperti keramik lantai. Fasilitas
scrollbarsmemungkinkan pengguna untuk menggerakkan isi window ke atas-bawah
atau menyampin dengan title bars yang menunjukkan nama window. Window dapat
ditutup menjadi semacam representasi kecil, sehingga dapat memuat/mengaktifkan
banyak window.
Icon Icon Berupa lukisan atau gambar berukuran kecil
mewakili suatu obyek dalam antarmuka, dapat suatu window atau tindakan. Icon
dapat bervariasi, mulai dari simbol yang abstrak sampai gambaran realitas
Menu Menu berupa pilihan operasi atau fungsi yang disediakan
pada layar. Pemilihan pada menu dilakukan dengan menggunakan pointer.
Kelemahan: menu dapat memakan ruang layar. Solusi: menu hanya muncul saat
dibutuhkan.
Pointer / Pull Up (Down) Pointer Merupakan komponen penting.
Ragam WIMP bertumpu pada proses penunjukkan dan pemilihan sesuatu yang biasanya
dilakukan dengan menggunakan mouse atau dapat juga menggunakan joystick,
trackball, atau tombol panah pada keyboard.
Komponen tambahan Beberapa komponen tambahan dalam model
WIMP, diantaranya Button (tombol):
radio button : kumpulan pilihan yang harus memilih salah
satu, tak boleh lebih dari 1
check box : kumpulan dari pilihan-pilihan yang boleh memilih
1/lebih dari 1
Manipulasi Langsung
Representasi visual
(metafora) dari “dunia aksi”:
Objek dan aksi terlihat.
Mengundang pemikiran analogis.
Aksi yang cepat, inkremental, dan dapat dibatalkan.
Mengetik diganti dengan menunjuk dan memilih.
Hasil aksi langsung terlihat.
Kelebihan :
Kompatibilitas kendali dan tampilan.
Lebih sedikit sintaks, karena itu tingkat kesalahan
berkurang.
Lebih banyak pencegahan kesalahan.
Lebih cepat dipelajari dan lebih mudah diingat.
Mendorong penjelajahan.
Kekurangan :
Memakan lebih banyak sumber daya sistem.
Beberapa aksi menyusahkan.
Teknik makro sering lemah.
Sulit dicatat dan ditelusuri.
Sulit digunakan oleh pemakai yang pengelihatannya terganggu.
Contoh system manipulasi langsung :
Command-line vs display editor vs word processors
Spreadsheet
Spatial data management
Video games
Computer-aided design (CAD)
Office automation
PDA
Personal Digital Assistant disingkat PDA adalah sebuah alat
elektronik yang berbasis komputer dan berbentuk kecil serta dapat dibawa ke
mana-mana. PDA banyak digunakan sebagai pengorganisir pribadi pada awalnya,
tetapi karena perkembangannya, kemudian bertambah banyak fungsi kegunaannya,
seperti kalkulator, penunjuk jam dan waktu, permainan komputer, pengakses
internet, penerima dan pengirim surat elektronik (e-mail), penerima radio,
perekam video, dan pencatat memo. Selain itu, dengan PDA (komputer saku) ini,
kita dapat menggunakan buku alamat dan menyimpan alamat, membaca buku-e,
menggunakan GPS dan masih banyak lagi fungsi yang lain. Bahkan versi PDA yang
lebih canggih dapat digunakan sebagai telepon genggam, akses internet,
intranet, atau extranet lewat Wi-Fi atau jaringan wireless. Salah satu ciri
khas PDA yang paling utama adalah fasilitas layar sentuh.
3. User Interface
1. Aplikasi apa yang biasa digunakan oleh programmer untuk
membuat program.
2. Kombinasi dari objek-objek interface dan perilaku
manajemen. Sekarang sudah object-oriented.
3. Pustaka dari komponen-komponen perangkat lunak dan
routines yang digunakan oleh programmer: - Xwindows :
Xtoolkit & Motif
Macintosh : Mac Toolbox, MacApp
Windows : Windows Developer’s Toolkit
Java : Swing
Bagaimana cara kerja toolkit? Apa yang sebenarnya disediakan
olehnya? Bagaimana mengaturnya?
- User mengadakan aksi, berinteraksi dengan interface.
- Aksi-aksi tersebut harus disampaikan kepada aplikasi dalam
cara-cara yang penuh arti.
- Aplikasi melakukan aksi yang sesuai, mungkin memperbaharui
tampilan.
User Interface adalah kumpulan objek yang saling
berinteraksi. User secara langsung memanipulasi objek-objek tersebut.
Objek-objek bertanggung jawab untuk mentransmisikan aksi-aksi user ke aplikasi
dengan cara yang berguna.
.
Sumber : http://muhandreanizar.blogspot.com
Komentar
Posting Komentar