Nama :Kidung Jalu 
Npm   : 24112101
Kelas  : 2 KB 07



Tugas Ke 2 (Interaksi Manusia Dan Komputer)

Apa Itu Interface ?
Interface Adalah Tatap Muka /Memakai Langsung Langsung Antara Pemakai Komputer (User) Dengan Memerintahkan Komputer Tersebut.

Tujuan Antar Muka (interface) Pengguna?

•         Menyesuaikan antar muka pengguna dengan tugas.
•         Membuat antar muka pengguna menjadi efisien.
•         Memberikan arus balik yang tepat kepada pengguna.
•         Memunculkan pertanyaan-pertanyaan yang dapat dimanfaatkan.
•         Memperbaiki produktivitas dari pengetahuan pegawai

Tipe-tipe User Interface?

•         User interface bahasa alamiah
•         User interface pertanyaan & jawaban
•         User interface menu-menu
•         User interface formulir isian
•         User interface bahasa perintah
•         User interface GUI
            (Graphical User Interface)
•         User interface pada web, dll.

Tipe – tipe Interaksi ?
Metode interaksi yang ada pada komputer dapat di kelompokkan menjadi :
·         interaksi dasar
-      Manipulasi langsung objek grafik : manipulasi langsung dengan mengubah objek menggunakan - pointer. Pertama kali di demonstrasikan oleh Ivan Sutherland (1963).
-      Mouse : mouse pada awalnya dikembangkan di laboratorium Stanford pada tahun 1965 sebagai bagian dari proyek NLS untuk menggantikan light-pen. Pada tahun 1968, Ken Pulfer dan Grant Bechthold membuat rangka mouse dari kayu dan menggunakannya untuk membuat animasi dengan membuat semua frame filmnya.
-      Windows : multiple windows didemonstrasikandi Engelbart’s NLS tahun 1968.


·         tipe aplikasi
-      program menggambar : sebagian besar program menggambar yang ada sekarang ini merupakan pengembangan program menggambar (Sketchpad) yang didemonstrasikan di Sutherland pada tahun1963. Sketchpad menggunakan lightpen untuk menggambar objek.
-      Teks editor : program teks editor pada awalnya dikembangkan di Stanford Research Lab pada tahun 1963. program ini mampu mencari dan menggantikan kata, menggulung (scrolling) teks, memindahkan teks, mengkopi, menghapus dan mem-blok kata atau karakter.
-      Spreadsheet : VisiCalc merupaka spreadsheet paling awal yang dikembangkanoleh Frankston dan Bricklin (1977-1978), mahasiswa MIT dan Harvard, untuk komputer Apple II.
HyperText : ide dari hypertext (dokument dihubungkan dengan dokumen lain) merupakan pengembangan dari ide MEMEX yang diprakarsai oleh Vannevar Bush’s sejak tahun 1945. Nama hypertext di cetuskan oleh Ted Nelson pada tahun 1965.
Computer Aided Design (CAD) : CAD merupakan program bantu untuk para desainer. CAD dipresentasikan pada tahun 1963.
-      Video games : video games grafis pertama adalah SpaceWar yang di buat oleh Slug Russel pada tahun 1962. Games ini menggunakan komputer joystick pertama.


·         interaksi modern
-      pengenalan isyarat : sistem pengenalan isyarat pertama kali didemonstrasikan oleh Tom Ellis pada tahun 1964.
-      Multi-Media : proyek interaktive dokumen grafik yang dikembangkan dalam proyek FRESS pada tahun 1968 merupakan sistem hypermedia pertama dan menggunakan teks serta grafik raster (belum menggunakan video). Pada tahun 1982, BBN mengembangkan kombinasi informasi multimedia (teks, spreadsheet,grafik dan suara). Tahun 1983, film manual dari Architecture Machine (MIT) menjadi demonstrasi antara video dan komputer grafik yang pertama.
-      3 D : sistem 3 D yang pertama adalah ”Timothy Johnson’s 3 D CAD”.
Bahasa alami dan percakapan : metode interaksi yang menggunakan bahasa penghubung yang biasa dipakai manusia. Untuk mengembangkan interface yang bisa mengakomodasi kebutuhan penggunanya, selain dari sisi peralatan (komputer) juga diperlukan pendekatan dari sisi manusianya. Ada banyak disiplin ilmu yang mendukung interaksi manusia dan komputer antara lain :
 Ø   ilmu computer
Ø  ekonomi 
Ø  psikologi
Ø  seni dan desain
Ø  sosiologi
Ø  komunikasi

sumber:
http://www.wikipedia.com

Komentar

Postingan Populer