Nama :Kidung Jalu
Npm : 24112101
Kelas : 2 KB 07
Tugas Ke
2 (Interaksi Manusia Dan Komputer)
Apa Itu
Interface ?
Interface Adalah
Tatap Muka /Memakai Langsung Langsung Antara Pemakai Komputer (User) Dengan
Memerintahkan Komputer Tersebut.
Tujuan Antar
Muka (interface) Pengguna?
• Menyesuaikan
antar muka pengguna dengan tugas.
• Membuat
antar muka pengguna menjadi efisien.
• Memberikan
arus balik yang tepat kepada pengguna.
• Memunculkan
pertanyaan-pertanyaan yang dapat dimanfaatkan.
• Memperbaiki
produktivitas dari pengetahuan pegawai
Tipe-tipe User Interface?
• User
interface bahasa alamiah
• User
interface pertanyaan & jawaban
• User
interface menu-menu
• User
interface formulir isian
• User
interface bahasa perintah
• User
interface GUI
(Graphical User Interface)
• User
interface pada web, dll.
Tipe – tipe Interaksi ?
Metode
interaksi yang ada pada komputer dapat di kelompokkan menjadi :
·
interaksi
dasar
- Manipulasi langsung objek grafik :
manipulasi langsung dengan mengubah objek menggunakan - pointer. Pertama kali
di demonstrasikan oleh Ivan Sutherland (1963).
- Mouse : mouse pada awalnya dikembangkan di
laboratorium Stanford pada tahun 1965 sebagai bagian dari proyek NLS untuk
menggantikan light-pen. Pada tahun 1968, Ken Pulfer dan Grant Bechthold membuat
rangka mouse dari kayu dan menggunakannya untuk membuat animasi dengan membuat
semua frame filmnya.
- Windows : multiple windows
didemonstrasikandi Engelbart’s NLS tahun 1968.
·
tipe
aplikasi
- program menggambar : sebagian besar program
menggambar yang ada sekarang ini merupakan pengembangan program menggambar
(Sketchpad) yang didemonstrasikan di Sutherland pada tahun1963. Sketchpad
menggunakan lightpen untuk menggambar objek.
- Teks editor : program teks editor pada
awalnya dikembangkan di Stanford Research Lab pada tahun 1963. program ini
mampu mencari dan menggantikan kata, menggulung (scrolling) teks, memindahkan
teks, mengkopi, menghapus dan mem-blok kata atau karakter.
- Spreadsheet : VisiCalc merupaka spreadsheet
paling awal yang dikembangkanoleh Frankston dan Bricklin (1977-1978), mahasiswa
MIT dan Harvard, untuk komputer Apple II.
HyperText
: ide dari hypertext (dokument dihubungkan dengan dokumen lain) merupakan
pengembangan dari ide MEMEX yang diprakarsai oleh Vannevar Bush’s sejak tahun
1945. Nama hypertext di cetuskan oleh Ted Nelson pada tahun 1965.
Computer
Aided Design (CAD) : CAD merupakan program bantu untuk para desainer. CAD
dipresentasikan pada tahun 1963.
- Video games : video games grafis pertama
adalah SpaceWar yang di buat oleh Slug Russel pada tahun 1962. Games ini
menggunakan komputer joystick pertama.
·
interaksi
modern
- pengenalan isyarat : sistem pengenalan
isyarat pertama kali didemonstrasikan oleh Tom Ellis pada tahun 1964.
- Multi-Media : proyek interaktive dokumen
grafik yang dikembangkan dalam proyek FRESS pada tahun 1968 merupakan sistem
hypermedia pertama dan menggunakan teks serta grafik raster (belum menggunakan
video). Pada tahun 1982, BBN mengembangkan kombinasi informasi multimedia
(teks, spreadsheet,grafik dan suara). Tahun 1983, film manual dari Architecture
Machine (MIT) menjadi demonstrasi antara video dan komputer grafik yang
pertama.
- 3 D : sistem 3 D yang pertama adalah
”Timothy Johnson’s 3 D CAD”.
Bahasa
alami dan percakapan : metode interaksi yang menggunakan bahasa penghubung yang
biasa dipakai manusia. Untuk mengembangkan interface yang bisa mengakomodasi
kebutuhan penggunanya, selain dari sisi peralatan (komputer) juga diperlukan
pendekatan dari sisi manusianya. Ada banyak disiplin ilmu yang mendukung
interaksi manusia dan komputer antara lain :
Ø
ilmu computer
Ø
ekonomi
Ø
psikologi
Ø
seni
dan desain
Ø
sosiologi
Ø
komunikasi
sumber:
http://www.wikipedia.com
Komentar
Posting Komentar