Tugas 1
( Interaksi Manusia Dan Komputer)
Apa itu IMK?
IMK
atau Interaksi Manusia Komputer atau HCI (Human Computer Interaction) adalah
disiplin ilmu pengetahuan yang mengulas tentang perancangan, evaluasi dan
implementasi dari sistem komputer interaktif terkait dengan penggunaannya oleh
manusia beserta hal-hal yang terkait dengan itu.
Tujuan
utama dari IMK adalah menghasilkan sistem komputer yang mampu digunakan dengan
baik oleh pengguna (good usability) melalui desain antarmuka
dengan memperhatikan beberapa hal penting seperti memahami faktor-faktor yang
membuat manusia menggunakan teknologi, mengembangkan teknik-teknik yang yang memungkinkan
untuk membangun sistem yang sesuai dengan tujuan serta mencapi interaksi yang
aman, efektif dan efisien. Selain desain antarmuka, karakteristik manusia
tentu saja sangat mempengaruhi IMK.
Siapa saja yang terlibat dalam IMK ?
·
Yang
Terlibat dalam Proses IMK :
·
Pengguna
·
Interaksi
·
Sistem
Tiga
komponen ini saling berkaitan. Pengguna adalah bagian dari sistem yang
memungkinkan berinteraksi dengan komputer, oleh sebab itu mengapa 3 komponen
ini saling berkaitan.
Yang
terlibat dalam IMK adalah :
·
Psikologi
dan ilmu kognitif : persepsi user, kognitif, kemampuan memecahkan masalah
·
Ergonomi
: kemampuan fisik user
·
Sosiologi
: kemampuan memahami konsep interaksi
·
Ilmu
komputer dan teknik : membuat teknologi
·
Bisnis
: pemasaran
·
Desain
grafis : presentasi interface
Konsep
Dasar IMK ?
konsep dasar IMK
adalah :
·
Segi
kemudahan penggunaan
·
Segi
keindahan
tujuan :
·
menghasilkan
sistem yang dapat di gunakan (Usable)
·
Memiliki
manfaat (Useful)
·
Ramah
terhadap pengguna (User Friendly)
dari ketiga tujuan
diatas jika terpenuhi maka akan menghasilkan sebuah sistem yang sering kita
dengar sebagai User Interface.
Prinsip-prinsip
Usability IMK ?
Prinsip Usability
pada mata kuliah Interaksi Manusia dan Komputer adalah suatu masalah optimasi
penggunaan sistem oleh pengguna. Sistem akan bekerja dengan baik apabila
dipergunakan secara maksimal oleh pengguna sehingga semua kemampuan sistem
dapat termanfaatkan secara maksimal.
Didalam Prinsip
Usability terdapat hal-hal yang harus diperhatikan diantaranya Human Ability,
Human Capabilities, Memori, Problem Solving.
Perbedaan Desain Yang Baik Dan Buruk ?
Perhatian utama dari desain interaksi adalah untuk
menciptakan produk interaktif yang mudah digunakan. Dengan ini umumnya
akan mudah di pelajari, efektif dalam penggunaan, and menyediakan
pengalaman bagi pengguna.
Merancang suatu produk interaktif yang dapat digunakan sehingga harus mempertimbangkan siapa yang akan menjadi penggunanya dan dimana alat-alat tersebut akan digunakan. Hal lain yang harus diperhatikan adalah jenis kegiatan yang dilakukan orang ketika berinteraksi dengan produk ini. Kesesuaian dengan jenis interface dan pengaturan input dan perangkat outputnya tergantung pada jenis kegiatan apa yang perlu didukung.
Pada dasarnya, proses desain interaksi melibatkan empat aktivitas dasar:
1. Mengidentifikasi kebutuhan dan menetapkan persyaratan.
2. Mengembangkan rancangan alternatif yang memenuhi persyaratan.
3. Membangun versi interaktif dari rancangan sehingga mereka dapat dikomunikasikan dan dinilai.
4. Mengevaluasi apa yang dibangun selama proses berlangsung.
Selain empat aktivitas dasar rancangan, ada tiga karakteristik kunci dari proses desain interaksi :
Merancang suatu produk interaktif yang dapat digunakan sehingga harus mempertimbangkan siapa yang akan menjadi penggunanya dan dimana alat-alat tersebut akan digunakan. Hal lain yang harus diperhatikan adalah jenis kegiatan yang dilakukan orang ketika berinteraksi dengan produk ini. Kesesuaian dengan jenis interface dan pengaturan input dan perangkat outputnya tergantung pada jenis kegiatan apa yang perlu didukung.
Pada dasarnya, proses desain interaksi melibatkan empat aktivitas dasar:
1. Mengidentifikasi kebutuhan dan menetapkan persyaratan.
2. Mengembangkan rancangan alternatif yang memenuhi persyaratan.
3. Membangun versi interaktif dari rancangan sehingga mereka dapat dikomunikasikan dan dinilai.
4. Mengevaluasi apa yang dibangun selama proses berlangsung.
Selain empat aktivitas dasar rancangan, ada tiga karakteristik kunci dari proses desain interaksi :
- Pengguna
harus terlibat melalui pengembangan proyek.
- Kegunaan
spesifik dan tujuan pengalaman pengguna harus
diidentifikasi, didokumentasikan dengan jelas, dan disepakati di awal
proyek.
- Iterasi
melalui empat kegiatan tidak bisa dihindari.
Selain berfokus terutama pada peningkatan efisiensi dan
produktivitas di tempat
kerja, desain interaksi semakin mengenai dirinya dengan
menciptakan sistem yang:
- Memuaskan
- Menyenangkan
- KesenanganØ
- Menghibur
- Bermanfaat
- Memotivasi
- Estetis
- mendukung kreativitas
- bermanfaat
- Memenuhi emosional
Tujuan dari produk interaktif adalah merancang produk yang
menyenangkan, estetis
dan sebagainya, prihatin terutama dengan pengalaman pengguna.
Aspek yang telah
dijelaskan sebagai kontribusi terhadap kesenangan meliputi:
perhatian, kecepatan,
bermain, interaktivitas, kontrol sadar dan bawah sadar,
keterlibatan, dan gaya naratif.
Berinteraksi dengan representasi virtual menggunakan perangkat
fisik (misalnya,
memukul-mukul plastik).
Sumber :
http://coretanmu.wordpress.com/2013/03/24/interaksi-manusia-dan-komputer/
Komentar
Posting Komentar