Tugas 1 ( Interaksi Manusia Dan Komputer)

   Apa  itu IMK?

IMK atau Interaksi Manusia Komputer atau HCI (Human Computer Interaction) adalah disiplin ilmu pengetahuan yang mengulas tentang perancangan, evaluasi dan implementasi dari sistem komputer interaktif terkait dengan penggunaannya oleh manusia beserta hal-hal yang terkait dengan itu.
Tujuan utama dari IMK adalah menghasilkan sistem komputer yang mampu digunakan dengan baik oleh pengguna (good usability) melalui desain antarmuka dengan memperhatikan beberapa hal penting seperti memahami faktor-faktor yang membuat manusia menggunakan teknologi, mengembangkan teknik-teknik yang yang memungkinkan untuk membangun sistem yang sesuai dengan tujuan serta mencapi interaksi yang aman, efektif dan efisien.  Selain desain antarmuka, karakteristik manusia tentu saja sangat mempengaruhi IMK.

   Siapa saja yang terlibat dalam IMK ?

·         Yang Terlibat dalam Proses IMK :
·         Pengguna
·         Interaksi
·         Sistem
Tiga komponen ini saling berkaitan. Pengguna adalah bagian dari sistem yang memungkinkan berinteraksi dengan komputer, oleh sebab itu mengapa 3 komponen ini saling berkaitan.

Yang terlibat dalam IMK adalah :

·         Psikologi dan ilmu kognitif : persepsi user, kognitif, kemampuan memecahkan masalah
·         Ergonomi : kemampuan fisik user
·         Sosiologi : kemampuan memahami konsep interaksi
·         Ilmu komputer dan teknik : membuat teknologi
·         Bisnis : pemasaran
·         Desain grafis : presentasi interface



   Konsep Dasar IMK ?

konsep dasar IMK adalah :
·         Segi kemudahan penggunaan
·         Segi keindahan
  tujuan :
·         menghasilkan sistem yang dapat di gunakan (Usable)
·         Memiliki manfaat (Useful)
·         Ramah terhadap pengguna (User Friendly)
dari ketiga tujuan diatas jika terpenuhi maka akan menghasilkan sebuah sistem yang sering kita dengar sebagai User Interface.

Prinsip-prinsip Usability IMK ?

Prinsip Usability pada mata kuliah Interaksi Manusia dan Komputer adalah suatu masalah optimasi penggunaan sistem oleh pengguna. Sistem akan bekerja dengan baik apabila dipergunakan secara maksimal oleh pengguna sehingga semua kemampuan sistem dapat termanfaatkan secara maksimal.

Didalam Prinsip Usability terdapat hal-hal yang harus diperhatikan diantaranya Human Ability, Human Capabilities, Memori, Problem Solving.








    Perbedaan Desain Yang Baik Dan Buruk ?
Perhatian utama dari desain interaksi adalah untuk menciptakan produk interaktif yang mudah digunakan. Dengan ini umumnya akan mudah di pelajari, efektif dalam penggunaan, and menyediakan pengalaman bagi pengguna.

Merancang suatu produk interaktif yang dapat digunakan sehingga harus mempertimbangkan siapa yang akan menjadi penggunanya dan dimana alat-alat tersebut akan digunakan. Hal lain yang harus diperhatikan adalah jenis kegiatan yang dilakukan orang ketika berinteraksi dengan produk ini. Kesesuaian dengan jenis interface dan pengaturan input dan perangkat outputnya tergantung pada jenis kegiatan  apa yang perlu didukung.


Pada dasarnya, proses desain interaksi melibatkan empat aktivitas dasar:
1. Mengidentifikasi kebutuhan dan menetapkan persyaratan.
2. Mengembangkan rancangan alternatif yang memenuhi persyaratan.
3. Membangun versi interaktif dari rancangan sehingga mereka dapat dikomunikasikan dan dinilai.
4. Mengevaluasi apa yang dibangun selama proses berlangsung.

Selain empat aktivitas dasar rancangan, ada tiga karakteristik kunci dari proses desain interaksi :


  1. Pengguna harus terlibat melalui pengembangan proyek.
  2. Kegunaan spesifik dan tujuan pengalaman pengguna harus diidentifikasi, didokumentasikan dengan jelas, dan disepakati di awal proyek.
  3. Iterasi melalui empat kegiatan tidak bisa dihindari.
Selain berfokus terutama pada peningkatan efisiensi dan produktivitas di tempat 
kerja, desain interaksi semakin mengenai dirinya dengan menciptakan sistem yang:
-       Memuaskan
-       Menyenangkan
-       KesenanganØ
-       Menghibur
-       Bermanfaat
-       Memotivasi
-       Estetis
-      mendukung kreativitas
-      bermanfaat
-      Memenuhi emosional

Tujuan dari produk interaktif adalah merancang produk yang menyenangkan, estetis 
dan sebagainya, prihatin terutama dengan pengalaman pengguna. Aspek yang telah 
dijelaskan sebagai kontribusi terhadap kesenangan meliputi: perhatian, kecepatan, 
bermain, interaktivitas, kontrol sadar dan bawah sadar, keterlibatan, dan gaya naratif. 
Berinteraksi dengan representasi virtual menggunakan perangkat fisik (misalnya, 
memukul-mukul plastik).

Sumber :

http://coretanmu.wordpress.com/2013/03/24/interaksi-manusia-dan-komputer/

Komentar

Postingan Populer